Prestasi Sekolah KelasKita

sma

Banyak fungsi dan keuntungan memiliki website yang masih tidak disadari oleh beberapa pihak.  Dan sekarang kita dapat melihat, tidak semua orang memiliki website.

Bagaimana pandangan masyarakat tentang kepemilikan website?  Ada yang menganggap sebagai pendukung, bahkan ada juga yang tidak menjadikannya sebagai kebutuhan.  Padahal website bisa saja menjadi ujung tombak.

Bagi sekolah, website sama halnya sekolah di dunia maya.  Yang dapat menyajikan informasi tentang sekolah tersebut, mengadakan kegiatan belajar-mengajar (e-Learning), memberikan layanan sekolah (Pendaftaran Peserta Didik Baru, Perpustakaan Online), berkomunikasi interaktif, dan lainnya.

Website tentu banyak jenisnya.  Berbicara mengenai website sekolah, secara garis besar website sekolah, memiliki fungsi :

  • Sarana Informasi Sekolah
    Sekarang ini informasi bisa di akses dari berbagai perangkat aplikasi.  Mulai dari mobile, berbasis web, dan sebagainya. Ini akan mempermudah akses website sekolah sebagai media informasi yang efektif dan efisien dalam menyampaikan informasi sekolah untuk orang tua/wali murid dan masyarakat umum.
  • Media Promosi Sekolah
    Dengan tampilan yang menarik dan fitur yang dimiliki, website sekolah tentunya akan memberikan kesan yang baik dalam pemanfaatan dan pengembangan ICT di sekolah tersebut.
  • Pusat Dokumentasi Sekolah
    Website sekolah dapat menjadi pusat dokumentasi kegiatan-kegiatan sekolah mulai dari kegiatan belajar-mengajar, ekstrakurikuler, dan sebagainya.
  • Perwujudan Sekolah Modern
    Informasi sekolah yang terekam dengan baik pada website sekolah akan memberikan kesan profil sekolah yang berkembang dan sempurna di mata masyarakat yang melihatnya.
  • Pusat Data
    Website sekolah sekarang ini tidak hanya sebagai pusat informasi kegiatan sekolah, namun juga mampu menjadi pusat data, seperti alumni sekolah dan lainnya.
  • Kebijakan Pemerintah Pendidikan
    Sudah jelas jika website sekolah saat ini menjadi sebuah kebutuhan dalam memenuhi kebijakan pendidikan yang semakin berkembang menuju era global. Hal ini perlu dilakukan sebagai respon akan tantangan global dalam bidang pendidikan.
  • Ruang Belajar Online
    Website sekolah juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang belajar online yang memberikan wadah bagi siswa untuk belajar dan berdiskusi dalam media e-learning.
  • Bentuk Ajakan Pemanfaatan TIK
    Sekolah yang memiliki website sekolah secara tidak langsung menunjukan keterbukaan dan pemanfaatan teknologi yang berkembang sekarang ini. Website sekolah yang menjadi sarana dalam belajar merupakan contoh nyata dan sederhana dari keterbukaan ICT.
  • Muara Keaktifan Dalam Berkarya Serta Sumber Inspirasi Bagi Civitas Sekolah

Mading adalah media kreatif yang dapat kita temui di sekolah.  Kita pun dapat menerapkannya di website dengan tampilan dan metode penyajian yang lebih menarik.  Tentunya banyak hal-hal lain lagi selain mading yang dapat kita tampilkan dengan harapan para civitas sekolah aktif berkarya dan saling memberi inspirasi.

Leave us a Comment